Sabtu, 05 Januari 2013

rencaba pelaksanaan pembelajaran

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan   : Sekolah Menengah Pertama
 Mata Pelajaran        : Matematika
Kelas/Semester        : VIII/1
Pokok Bahasan        : Bangun Ruang
Tahun Pelajaran       : 2012/2013
Alokasi Waktu         :  menit
A.    Standar Kompetensi
           Memehami sifat-sifat kubus, balok, prisma, limas dan bagian-bagianya, serta menentukan ukurannya.
B.     Kompetensi dasar
           Menentukan sifat-sifat kubus, balok, prisma, limas dan bagian-bagiannya.
C.     Indikator
           Siswa dapat menyebutkan unsur-unsur kubus, balok, prisma, limas :rusuk, bidang sisi, diagonal                      bidang, diagonal ruang dan bidang diagonal.
D.    Tujuan
Siswa dapat menyebutkan unsur-unsur kubus, balok, prisma, limas :rusuk, bidang sisi, diagonal bidang, diagonal ruang dan bidang diagonal.
E.     MATERI
Menyebutkan unsur-unsur kubus, balok prisma, limas
F.      MODEL PEMBELAJARAN
Model dan pendekatan : Quantum Teaching
Metode : Tanya jawab dan Diskusi
G.    Kegiatan Pembelajaran
          Langkah Pembelajaran
Motivasi  : Guru menyampaikan manfaat mempelajari materi bangun ruang sisi datar.
           Apersepsi: Guru mengingatkan kembali tentang konsep bangun ruang sisi datar

    Kegiatan awal
-    Segalanya berbicara
1.      Guru memutar musik sebagai pembuka proses pembelajaran. (Richard C: The child in the silent morning)
2.      Tanya jawab mengenai konsep-konsep bangun ruang sisi datar.
3.      Tanya jawab antara guru dan siswa tentang materi yang akan dipelajarai.
-    Segalanya bertujuan
4.      Siswa diberi tahu apa tujuan mereka mempelajari materi bangun ruang.
Kegiatan inti
-    Pengalaman sebelum konsep
5.      Sebelum siswa mengenal konsep bangun ruang, guru memberikan pertanyaan kepada siswa  tentang benda apa saja yang mereka temui dalam kehidupan sehari-hari yang termasuk dalam kategori bangun ruang. .(NOAH: Separuh Aku)
6.      Guru memberikan penjelasan mengenai materi bangun Ruang :        unsur-unsur kubus, balok, prisma, limas:rusuk, bidang sisi, diagonal bidang, diagonal ruang dan bidang diagonal.
-    Mengakui setiap usaha
7.      Guru membentuk kelompok yang terdiri dari beberapa anggota (peserta didik).
8.      Siswa mengerjakan lembar diskusi. (Utada Hikaru: First Love
( piano ))
9.      Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk mewakili kelompoknya untuk mengerjakan soal yang telah diberikan, didepan kelas.
10.  Pemberian hadiah kepada siswa dan kelompoknya yang mengerjakan soal dengan benar.


-    Jika layak dipelajari, maka layak pula dirayakan
11.  Guru memberikan pujian kepada siswa-siswa yang terlibat aktif pada saat proses pembelajaran berlangsung.
-    Kegiatan penutup
1.      Guru mengulang secara singkat tentang hasil kegiatan yang telah dilakukan selama pembelajaran berlangsung. (Richard C: The child in the silent morning)
2.      Siswa dan guru melakukan refleksi.
3.      Guru menginformasikan materi selanjutnya.

H.    Buku Sumber
Sumber  :
Bahan     : LKS
Alat         : laptop,sound speaker, kertas berpetak dan penggaris
I.       Penilaian
Jenis tagihan : tugas
Teknik            : tes tulis
Bentuk instrumen : uraian
Alat Evaluasi

                                                                                                                                                               
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs …………….



( ......................................................... )
NIP/NIK :…………..……………….

........., ......, ............... 20...
Guru Mapel Matematika.



( ............................................ )
NIP/NIK :…….…………….



Tidak ada komentar:

Posting Komentar