RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : Sekolah Menengah Pertama
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester
: VIII/1
Pokok
Bahasan : Bangun Ruang
Tahun
Pelajaran : 2012/2013
Alokasi
Waktu :
menit
A. Standar
Kompetensi
Memehami
sifat-sifat kubus, balok, prisma, limas dan bagian-bagianya, serta menentukan
ukurannya.
B. Kompetensi
dasar
Menentukan
sifat-sifat kubus, balok, prisma, limas dan bagian-bagiannya.
C. Indikator
Siswa
dapat menyebutkan unsur-unsur kubus, balok, prisma, limas :rusuk, bidang sisi,
diagonal bidang, diagonal ruang dan bidang diagonal.
D. Tujuan
Siswa dapat menyebutkan
unsur-unsur kubus, balok, prisma, limas :rusuk, bidang sisi, diagonal bidang,
diagonal ruang dan bidang diagonal.
E.
MATERI
Menyebutkan unsur-unsur kubus, balok prisma, limas
F.
MODEL
PEMBELAJARAN
Model dan pendekatan : Quantum
Teaching
Metode : Tanya jawab dan Diskusi
G. Kegiatan
Pembelajaran
Langkah
Pembelajaran
Motivasi : Guru menyampaikan manfaat mempelajari
materi bangun ruang sisi datar.
Apersepsi:
Guru mengingatkan kembali tentang konsep bangun ruang sisi datar
Kegiatan
awal
-
Segalanya berbicara
1. Guru
memutar musik sebagai pembuka proses
pembelajaran. (Richard C: The child in
the silent morning)
2. Tanya
jawab mengenai konsep-konsep bangun ruang sisi datar.
3. Tanya
jawab antara guru dan siswa tentang materi yang akan dipelajarai.
-
Segalanya bertujuan
4. Siswa
diberi tahu apa tujuan mereka mempelajari materi bangun ruang.
Kegiatan
inti
-
Pengalaman sebelum konsep
5. Sebelum
siswa mengenal konsep bangun ruang, guru memberikan pertanyaan kepada siswa tentang benda apa saja yang mereka temui
dalam kehidupan sehari-hari yang termasuk dalam kategori bangun ruang. .(NOAH:
Separuh Aku)
6. Guru
memberikan penjelasan mengenai materi bangun Ruang : unsur-unsur kubus, balok, prisma,
limas:rusuk, bidang sisi, diagonal bidang, diagonal ruang dan bidang diagonal.
-
Mengakui setiap usaha
7. Guru
membentuk kelompok yang terdiri dari beberapa anggota (peserta didik).
8. Siswa
mengerjakan lembar diskusi. (Utada Hikaru: First Love
( piano ))
9. Guru
memberikan kesempatan pada siswa untuk mewakili kelompoknya untuk mengerjakan
soal yang telah diberikan, didepan kelas.
10. Pemberian
hadiah kepada siswa dan kelompoknya yang mengerjakan soal dengan benar.
-
Jika layak dipelajari, maka layak pula
dirayakan
11. Guru
memberikan pujian kepada siswa-siswa yang terlibat aktif pada saat proses
pembelajaran berlangsung.
-
Kegiatan penutup
1. Guru
mengulang secara singkat tentang hasil kegiatan yang telah dilakukan selama
pembelajaran berlangsung. (Richard C: The child in the silent
morning)
2. Siswa
dan guru melakukan refleksi.
3. Guru
menginformasikan materi selanjutnya.
H.
Buku
Sumber
Sumber :
Bahan : LKS
Alat : laptop,sound
speaker, kertas berpetak dan penggaris
I.
Penilaian
Jenis tagihan : tugas
Teknik : tes tulis
Bentuk instrumen :
uraian
Alat Evaluasi
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs …………….
(
......................................................... )
NIP/NIK :…………..……………….
|
|
........., ......, ............... 20...
Guru Mapel Matematika.
(
............................................ )
NIP/NIK :…….…………….
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar